Tahun 2022 Ekonomi Dunia Diprediksi Tembus 100 Triliun AS

INFO TERKINI ■ Output ekonomi dunia diprediksi lebih dari 100 triliun dolar Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya pada tahun depan. China bakal membutuhkan waktu lebih lama dari perkiraan sebelumnya untuk menyalip AS sebagai negara dengan ekonomi nomor 1. 

Konsultan Inggris Cebr memperkirakan, China akan menjadi ekonomi top dunia dalam dolar AS pada 2030 mendatang. Ini dua tahun lebih lambat dari perkiraan dalam laporan Tabel Liga Ekonomi Dunia tahun lalu.

Sementara India berpotensi menyalip Prancis pada tahun depan, kemudian Inggris pada 2023 untuk mendapatkan kembali tempatnya sebagai ekonomi terbesar keenam di dunia.

"Isu penting untuk tahun 2020-an adalah bagaimana ekonomi dunia mengatasi inflasi, yang kini telah mencapai 6,8 persen di AS," kata Wakil Ketua Cebr Douglas McWilliams, dikutip dari Reuters, Senin (27/12/2021).

"Kami berharap penyesuaian yang relatif sederhana pada anakan akan membawa elemen-elemen non-transitori terkendali. Jika tidak, maka dunia perlu bersiap menghadapi resesi pada tahun 2023 atau 2024," imbuh McWilliams. 

Laporan tersebut menunjukkan Jerman berada di jalur untuk menyalip Jepang dalam hal output ekonomi pada 2033. Sedangkan Rusia dapat menjadi negara dengan ekonomi 10 besar dunia pada 2036. Sementara Indonesia berada di jalur untuk menempati posisi kesembilan ekonomi terbesar dunia pada 2034.

 (JE/*)

0 Komentar