Kolaborasi MASATA, PUPUK KALTIM, dan CITITRANS: Pelatihan Driver Travel Berbasis Edukasi

 


INFO TERKINI - Program Wisata Industri-

[MASATA - PUPUK KALTIM - CITITRANS]

Hotel Akbar Bontang, 28 Oktober 2025


Program aksi dari bagian Program Wisata Industri Bontang ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan driver/pengemudi travel online transport darat (travel) di Kota Bontang hanya di sektor pariwisata saja namun di sektor industri membutuhkan nilai-nilai Sapta Pesona di sisi support system—nya dalam rangka menanamkan dan menumbuhkan 7 unsur nilai dasar Sapta Pesona sebagai landasan sadar wisata, yaitu Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan.


Tujuan utama pelatihan ini ;

• Meningkatkan Kualitas SDM.

Membekali driver/pengemudi dengan pengetahuan dan wawasan yang dibutuhkan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

• Menciptakan Citra Pisitif.

Menjadikan driver/pengemudi sebagai frontliner yang mempresentasikan citra Kota Bontang. 

• Menerapkan Standar Sapta Pesona.

Memastikan driver/pengemudi memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Sapta Pesona. 

• Meningkatkan Pengalaman Pelanggan atau Wisatawan.

Dengan pelayanan yang berwawasan dan profesional , pelanggan atau wisatawan diharapkan akan lebih berkesan.


Sapta Pesona bagi profesi driver/pengemudi travel darat adalah hal yang mutlak untuk memberikan pelayanan prima. Penerapannya sangat krusial. 

Penerapan Sapta Pesona oleh Driver Travel Inline Transport Darat ;

• AMAN

~ hati-hati dan mematuhi peraturan lantas 

~ pastikan kendaraan dlm kondisi laik jalan

~ memberikan rasa nyaman dan percaya diri bagi penumpang selama perjalanan 

• TERTIB 

~ berangkat dan tiba tepat waktu sesuai jadwal 

~ perjalanan sesuai dgn rute yang disepakati 

~ menjaga ketertiban di dlm kendaraan 

• BERSIH 

~ interior dan eksterior kendaraan dlm keadaan bersih 

~ ada tempat sampah dlm kendaraan 

~ tampil rapi dan bersih 

• SEJUK 

~ suhu dlm kabin nyaman 

~ hindari merokok di dlm kendaraan 

~ sirkulasi udara dijaga tetap baik 

• INDAH 

~ interior kendaraan tertata 

~ pencahayaan dan musik/suara diatur/ditata senyaman mungkin

~ pemandangan ke luar dari jendela tetap nyaman 

• RAMAH 

~ berkomunikasi dgn sopan 

~ tegur, sapa dan senyum

~ menanggapi bila ada pertanyaan 

• KENANGAN 

~ menjadi lebih dari sekedar pengemudi/driver, tetapi bisa juga sebagai pemandu yg informatif dan komunikatif. 

~ memfasilitasi momen-momen tertentu yang menyenangkan 

~ memberikan pelayanan melebihi ekspektasi, sehingga akan meninggalkan kesan yang mendalam.  

 

Kolab MASATA, PUPUK KALTIM dan CITITRANS dalam kegiatan yang diikuti sebanyak 25 peserta ini merupakan program aksi dari Program Wisata Industri berbasis edukasi dan pengembangan SDM. 

Kegiatan kali ini merupakan kedua kalinya, setelah yang pertama kali dilakukan kegiatan serupa, kolaborasi ; MASATA, BADAK LNG dan KANGOROO Travel sebanyak 15 peserta.

Dari hasil program pelatihan yang pertama ini, diakui adanya perubahan yang signifikan terhadap attitude dan pelayanan dari para driver/pengemudi travel dari sebelum mengikuti pelatihan. 


Melalui sinergi kolaborasi unsur Pentahelix di Program Wisata Industri berbasis edukasi dan pengembangan SDM dengan program-program aksi selanjutnya secara berkelanjutan akan berdampak positif dalam membangun SDM lokal Bontang yang berkualitas, berdaya saing dan berkarakter. Menjadikan Sapta Pesona adalah kebiasaan yang terus menerus ditumbuhkembangkan dari mulai support system lingkungan industri yang berinteraksi langsung dengan masyarakat Bontang. Sehingga lama kelamaan kebiasaan hidup (.habbit) yang sudah diterapkan sejak dulu sampai sekarang di lingkungan industri juga support system ya menjadi efek domino di lingkungan masyarakat Bontang.  (jusmin)


@ekosatrya

_ketuadpcmasatakotabontang

0 Komentar