Prodi Manajemen FEB UNM Dorong Transformasi Pembelajaran Lewat Workshop Penyusunan Buku Ajar Berbasis PjBL dan Case Method


INFO TERKINI - Makassar — Menyikapi tuntutan zaman dan transformasi pendidikan tinggi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Workshop Penyusunan Buku Ajar Berbasis Project-Based Learning (PjBL) dan Case Method dengan tajuk "Integrasi Teknologi dan Inovasi Pembelajaran". Kegiatan berlangsung selama dua hari, 18–19 Juli 2025, di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar.

Workshop ini diinisiasi sebagai langkah Prodi Manajemen dalam membekali para dosen dengan kemampuan menyusun bahan ajar yang selaras dengan pendekatan pembelajaran aktif dan kontekstual. Model pembelajaran berbasis proyek dan studi kasus dinilai lebih mampu mengakomodasi kebutuhan dunia kerja yang dinamis dan menuntut keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, serta literasi digital yang tinggi.

Ketua Program Studi Manajemen FEB UNM, Dr. Anwar, M.Si., dalam sambutannya menegaskan bahwa transformasi metode pembelajaran di perguruan tinggi tidak bisa ditawar. Ia menilai bahwa pendekatan Project-Based Learning dan Case Method telah terbukti efektif dalam membangun kompetensi nyata mahasiswa di berbagai perguruan tinggi unggulan, baik nasional maupun internasional.

“Pembelajaran harus menjauh dari ceramah satu arah. Kita dorong dosen untuk menjadi fasilitator, dan mahasiswa sebagai aktor aktif dalam proses belajar yang berorientasi pada pemecahan masalah dan proyek nyata,” ujar Dr. Anwar.

Sementara itu, Ketua Panitia Workshop, Muh. Rijal Alim, M.M., menyampaikan bahwa kegiatan ini tak hanya difokuskan pada teori penyusunan buku ajar, tetapi juga mempraktekkan langsung dan mengintegrasikan teknologi sebagai instrumen yang membantu pembuatannya.

“Kami ingin menghasilkan buku ajar yang tidak hanya sesuai standar akademik, tetapi juga kontekstual dan menarik bagi mahasiswa. Buku ajar yang tidak hanya dibaca, tetapi menggerakkan,” kata Rijal.

Workshop ini mengundang naasumber berpengalaman dalam pengembangan kurikulum berbasis OBE (Outcome-Based Education) dan tim remunerasi UNM. Selama dua hari, para dosen terlibat dalam sesi diskusi intensif, lokakarya penulisan, serta simulasi integrasi metode PjBL dan case method ke dalam struktur buku ajar.

Hasil workshop akan ditindaklanjuti melalui proses review internal dan rencana penerbitan buku ajar sebagai bahan ajar resmi di lingkungan Prodi Manajemen FEB UNM.

Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen FEB UNM dalam mendorong inovasi pembelajaran, memperkuat budaya akademik, dan memastikan proses pendidikan mampu menjawab tantangan zaman yang terus berubah.

(*)

0 Komentar