Wakil Bupati Soppeng Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Petani Peserta BPJS Tenaga Kerja Desa Maccile



INFOTERKINI ■ SOPPENG — Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide, menyerahkan santunan kepada ahli waris Amiruddin dan Marding di Ruang Pertemuan Kantor BPP MalanroE, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Senin (13/5/2024). 

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Ady Syamsul, dan para pengurus kelompok tani se-Kecamatan Lalabata.

Amiruddin, seorang petani di Desa Maccile, meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di sawah. Ahli warisnya menerima santunan sebesar 70 juta. Sementara itu, Marding, anggota kelompok tani Masagena Ati Kelurahan Lalabatarilau, meninggal karena sakit, dan ahli warisnya menerima santunan sebesar 42 juta.

Kedua almarhum terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan melalui program 

Sistem Perlindungan Petani Soppeng Maju dan Sejahtera (sutasoma), Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada petani dengan iuran bulanan yang terjangkau,  Rp. 16.800.

Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide mengatakan,  BPJS Ketenagakerjaan inovasi penting untuk melindungi petani dari risiko kecelakaan kerja dan musibah meninggal dunia. 

“Program sutasoma telah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu inovasi pelayanan publik tingkat nasional”pungkasnya.

Dia juga mengajak petani untuk aktif menjadi peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan karena manfaatnya bagi mereka dan keluarganya. 

Kepala BPJS ketenaga kerjaan Ady Syamsul  menyebut, jaminan sosial adalah hak bagi setiap warga dan program ini memberikan perlindungan kepada petani yang masih aktif berprofesi dan berusia maksimal 65 tahun.

“untuk petani di soppeng yang terdaftar di bpjs ketenaga kerjaan sampai saat ini itu sekitar kurang lebih 10 ribu,”ucapnya. (*)


0 Komentar