Siapkan 7 Program Prioritas: Hasnawi Haris Calonkan Diri sebagai Rektor UNM


INFOTERKINI ■  
Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Hasnawi Haris ikut mendaftarkan diri sebagai calon rektor UNM masa jabatan 2024-2028. Prof Hasnawi membeberkan 7 program prioritas untuk membawa UNM menjadi kampus internasional.

"Visi misi atau yang saya sebutkan tadi ada 7 program prioritas yang saya anggap itu bisa mewakili bagaimana mendukung dan mewujudkan UNM sebagai perguruan tinggi yang bisa memiliki reputasi internasional. Sebagai unsur dari keberlanjutan dan inovasi dari sebelumnya," ujar Prof Hasnawi Haris kepada wartawan di lantai 14 Menara Pinisi, Rabu (7/2/2024).

Prof Hasnawi mengatakan program tersebut dirangkum dalam satu gagasan besar bernama excellent university governance. Dia menyebut gagasan itu diramu berkat pencapaian yang diraih oleh Rektor UNM Prof Husain Syam selama ini.

"Jadi pondasi yang selama ini diberikan oleh Pak Rektor kita lanjutkan. Dan tentu saja, lanjutan itu dengan inovasi-inovasi dalam rangka menuju reputasi internasional UNM," bebernya.

Dia menjelaskan program prioritas pertama adalah membangun penguatan kelembagaan di UNM. Kedua, memperkukuh kualitas dan standar akademik menuju universitas kelas dunia.

"7 program prioritas itu adalah penguatan kelembagaan skala internasional. Kedua, penguatan akademik berstandar internasional," terangnya.

Selanjutnya, memperkuat tradisi riset di bidang inovasi dan pengabdian masyarakat. Serta memperbaiki kualitas sumber daya manusia (sdm) di UNM agar bisa bersaing dengan kampus internasional lainnya.

"Ketiga, penguatan daya riset dan publikasi inovasi dan pengabdian masyarakat. Keempat, penguatan SDM yang kompatibel dengan kondisi internasional," lanjutnya.

Dia menyebut, untuk menopang program keempat, maka mahasiswa didorong untuk memiliki kemampuan yang baik pula. Termasuk membangun kemitraan seluas mungkin dengan berbagai pihak.

"Kelima, mendorong agar mahasiswa memiliki kapasitas, soft skill yang baik dalam rangka keterampilan masa depan. Keenam, penguatan kemitraan inovasi UNM dalam rangka menuju kampus internasional," ungkapnya.

Prof Hasnawi mengaku siap untuk menghadapi Pilrek ini. Dia juga telah merampungkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan oleh Tim Pilrek UNM periode 2024-2028.

"7 program prioritas ini sebenarnya bisa kita elaborasi dalam banyak program. Mulai dari sasaran, nilai, dan seterusnya. Ini lah yang pada saat pemaparan visi misi yang akan saya jelaskan," ucapnya.

"Itu dielaborasi dalam banyak program selama 4 tahun. Alhamdulillah 17 persyaratan yang menjadi pendaftaran balon rektor sudah kita penuhi," tambah Prof Hasnawi.

Diketahui, tahapan pendaftaran Pilrek UNM Periode 2024-2028 sudah berlangsung sejak 22 Januari hingga 7 Februari 2024. Para bakal calon rektor yang mendaftar selanjutnya akan menyampaikan visi dan misinya secara terbuka pada 26 Februari 2024. (Red)

0 Komentar