Kemenparekraf-Adira Finance Apresiasi UMKM di 5 DSP Lewat Gebyar Adira Kreasi 2021


INFO TERKINI ■  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Adira Finance memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM di lima destinasi super prioritas, yaitu Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang melalui “Gebyar Adira Kreasi 2021”. Para pelaku UMKM dinilai layak diapresiasi karena tetap bersemangat dalam menciptakan karya, melahirkan inovasi, dan meningkatkan kualitas produknya di tengah pandemi dan tantangan ekonomi. 

“Gebyar Adira Kreasi 2021” di gelar di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu 13 November 2021 malam. Gebyar Adira Kreasi sendiri menjadi acara puncak dari perhelatan Festival Kreatif Lokal 2021 dengan tema TumbuhBersamaSahabat. 

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, dalam keterangannya, di Magelang, Sabtu (13/11/2021) mengatakan acara ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara pemerintah dengan pihak swasta dalam memberikan pendukungan dan apresiasi kepada pelaku ekonomi kreatif Indonesia. 

Awarding Festival Kreatif Lokal yang akan diberikan pada malam Gebyar Adira Kreasi sebagai ajang pembuktian diri bagi pelaku UMKM yang bergerak di subsektor kuliner, fesyen, dan kriya, untuk menjadi yang terbaik, sekaligus menunjukkan bahwa kualitas jenama lokal Indonesia tidak kalah dari jenama luar negeri. 

“Harapan kami, para pemenang ini dapat menjadi local heroes terbaik di tiap destinasi super prioritas, yang dapat memberikan multiplier effect terhadap perekonomian daerah setempat dan juga membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Nia Niscaya. 

Nia Niscaya juga mengatakan bahwa semangat tumbuh bersama sahabat di Festival Kreatif Lokal 2021 yang ingin disampaikan oleh Adira Finance, sesungguhnya bukan hanya untuk pelaku UMKM di destinasi super prioritas saja, tetapi semangat itu harusnya selalu ada pada diri setiap insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. 

Setelah menjalani proses seleksi serta coaching camp pada 1 September hingga 2 November 2021 lalu, terpilih 45 nominasi UMKM yang akan menjadi local heroes pada kategori bidang usaha fesyen, kuliner, dan kriya di tiap destinasi super prioritas. 

Kriteria penilaian dalam pemilihan UMKM terbaik akan berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi dan misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan. Pemenang akan mendapatkan hadiah senilai ratusan juta rupiah berupa modal usaha, pelatihan bisnis, eksposure di media mengenai produk dan usaha mereka, hingga diikutsertakan pada pameran UMKM diaspora. 

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli menjelaskan tahun 2021 menjadi tahun kedua Adira Finance menjalin kemitraan dengan Kemenparekraf/Baparekraf dalam menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2021. Ini merupakan wujud dukungannya sebagai pihak swasta terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. 

“Melalui penyelenggaraan ini, kami ingin menunjukkan komitmen perusahaan yang senantiasa mendukung para UMKM untuk tumbuh, sesuai dengan visi Adira Finance dalam menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujar Hafid. 

Hafid pun berharap ajang tahunan ini menjadi jalan untuk membuka peluang yang lebih besar bagi para UMKM, agar produknya semakin diakui secara nasional dan memiliki kesempatan untuk bersaing di kancah global. (red/hmk)

0 Komentar