DPR Nyatakan Berkas Calon Panglima TNI Lengkap


INFO TERKINI ■  Komisi I DPR RI selesai melakukan proses verifikasi berkas calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa pada Jumat (5/11/2021). Hasilnya, berkas Andika dinyatakan lengkap.

“Pukul 14.00 WIB, pimpinan Komisi 1 dan Kapoksi telah memverifikasi dokumen terhadap Calon Panglima TNI atas nama Andika Perkasa. Dengan demikian juga menyatakan dokumen telah lengkap,” jelas Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid dalam keterangannya, Jumat (5/11/2021).

Berkas yang diverifikasi antara lain data riwayat hidup, nomor pokok wajib pajak (NPWP), kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), surat keterangan bersih diri atau sehat (SKBD), surat pemberitahuan tahunan (SPT) hingga laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Meutya menyebut, bahwa Andika Perkasa memiliki seorang istri dan dua anak. Andika telah melaporkan LHKPN pada Juni 2021 dan pajak terakhir 20 Juni 2021. Kemudian, dinyatakan juga bahwa Andika berbadan sehat, baik secara jasmani atau rohani sesuai keterangan dokter. “Dengan demikian, hasil verifikasi administrasi lengkap,” jelasnya.

Diketahui, verifikasi berkas merupakan salah satu syarat sebelum Jenderal Andika Perkasa menjalani tes uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bersama Komisi I DPR.

Adapun jadwal tes uji kelayakan dan kepatutan direncanakan esok, Sabtu (6/11/2021). Usai menjalani fit and proper test, nantinya pada Minggu (7/11/2021) Komisi I DPR akan mendatangi kediaman Andika untuk proses verifikasi faktual.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI. Hal ini diketahui setelah usulan tersebut masuk ke DPR RI untuk menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November ini.

“Presiden hanya mengusulkan satu nama kepada DPR RI. Karena itu pada hari ini melalui Menseneg telah menyampaikan surpres atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di DPR RI pada Senin (3/11/2021). (Rls/Hamka)

0 Komentar