Rektor UNM bersama Ketua IKA UNM melaksanakan Salat Idulfitri di Pelataran Pinisi UNM


INFOTERKINI ■ MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam, bersama Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA), Nurdin Halid merayakan Idulfitri 1445 Hijriah di Pelataran Pinisi UNM. 

Acara ini berlangsung di Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Rabu (10/4/2024) pagi.

Ribuan jamaah yang terdiri dari civitas akademika UNM, para alumni, dan warga Makassar berkumpul untuk menyambut hari raya yang penuh berkah ini. 

Suasana khidmat terasa di pelataran Pinisi UNM, yang dipenuhi dengan doa dan ucapan syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Di tengah ribuan jamaah yang melaksanakan salat ied, tampak Prof Husain Syam duduk berdampingan di shaf depan bersama Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNM, Nurdin Halid.

Selain Rektor UNM, Wakil Rektor I Prof Hasnawi Haris, Wakil Rektor III Prof Muhammad Idkham, Dekan, Ketua lembaga.

Lalu pejabat lingkup UNM serta masyarakat di sekitar kampus terlihat ikut melaksanakan salat Idulfitri.

Sedangkan yang bertindak sebagai khatib atau yang membawakan Khutbah Idul Fitri 1445 Hijriah, Prof Muh Dahlan Muhammad merupakan Dosen UIN Alauddin Makassar.

Dalam Khutbah Idul Fitri yang disampaikannya, Prof Muh Dahlan mengangkat tema tentang "Aktualisasi Nilai-nilai Ramadan dalam menggapai Kehidupan Fitrah yang Hakiki".

"Saat ini hari idul Fitri, kita bergembira seperti kegembiraan orang-orang yang sedang berbuka puasa, kita berharap agar ramadan menjadi saksi bagi pahala dan dosa kita," ucapnya.

Sementara, Prof Husain Syam menyampaikan ucapan selamat idulfitri kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat sekitar UNM yang senantiasa kembali fitri selama menjalankan ibadah bulan puasa.

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahilhamd. Taqabbalallahu minna wa minkum. Atas nama civitas akademika dan pribadi saya mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga Allah menerima amal ibadah Ramadan kita semua," ucap Prof Husain Syam.

Rektor UNM dua periode yang akrab disapa PHS ini mengatakan ada banyak hikmah selama menjalani ibadah di bulan suci Ramadan, termasuk ketika berlomba-lomba dalam menebar kebaikan kepada sesama.

“Momentum hari raya idul Fitri, artinya kita kembali kepada kesucian lahir dan batin setelah kita berjuang memerangi hawa nafsu selama satu bulan penuh,” ujar Guru besar di bidang pertanian ini.

Setelah salat ied, PHS menyempatkan untuk berjabat tangan di antara jamaah. Kemudian dilanjutkan, Rektor UNM bersama keluarga menerima tamu di Rumah Jabatan Rektor.(*)


0 Komentar