Staf Ahli Bagian Hukum, Politik dan Pemerintahan Hadiri Acara Pelantikan PPS Tahun 2024




INFOTERKINI ■ Pelantikan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Tahun 2024 se Kab. Soppeng 

Bertempat diKawasan Wisata Ompo, Kelurahan Ompo, Kecamatan Lalabata. Selasa, 24 Januari 2023

Pelaksana : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Soppeng

Pengambilan sumpah dan janji 210 anggota  PPS oleh Ketua KPU Kab. Soppeng Muhammad Hasbi, S. Sos, M. Si serta pembacaan dan penandatanganan pakta integritas dan Penandatanganan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah. 

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan salinan surat keputusan dan penyematan PIN oleh Ketua KPU Kab. Soppeng kepada perwakilan Anggota PPS.

Mewakili Bupati Soppeng, Staf Ahli Bagian Hukum, Politik dan Pemerintahan Drs. H. Muhammad Azis, M. Pdi dalam sambutannya :
Atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan selamat atas pelantikan Bapak/Ibu sebagai anggota panitia pemungutan suara semoga amanah yang diberikan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan senantiasa bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas dan tuntas untuk mewujudkan kepada siapa yang aman dan kondusif. 

Selain itu apresiasi juga kami sampaikan kepada ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng bersama dengan seluruh jajaran yang telah melakukan seluruh tahapan-tahapan pemilihan umum sesuai PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 agar terwujud pemilu yang berkualitas serta aman dan kondusif.  

Saya berharap kepada seluruh lembaga penyelenggara pemilihan umum untuk dapat bekerja dengan penuh profesional, proaktif eksplosif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta tetap menjalin sinergitas, menciptakan hubungan kerja yang kondusif dengan sesama anggota panitia pemungutan suara, lembaga pemerintah, unsur keamanan (TNI dan Polri) maupun masyarakat luas.  

Tantangan kerja Pemilu ke depan sangatlah Kompleks sehingga perlu kesiapsiagaan seluruh jajaran pelaksanaan pemilu untuk mengantisipasi potensi pelanggaran dan tugas tersebut diupayakan berjenjang ke bawah serta menjadi sebuah pengabdian karena keberadaan panitia pemungutan suara merupakan ujung tombak yang sangat menentukan dalam menegakkan demokrasi dari oleh untuk rakyat untuk menciptakan kondisi yang kondusif Di wilayah kabupaten Soppeng

Saya berharap kepada saudara-saudara anggota panitia pemungutan suara yang baru saja dilantik untuk segera melakukan koordinasi baik secara vertikal maupun horizontal agar seluruh tahapan-tahapan yang telah ditentukan dapat berjalan dengan baik serta aman dan kondusif

Sementara pada apel gelar pasukan Ketua KPU Kab. Soppeng Muhammad Hasbi, S. Sos, M. Si dalam arahannya : 
Alhamdulillah beberapa tahapan telah kita lalui dan hari ini kita baru saja melantik Anggota PPS, dimana lebih dari 500 calon peserta yang terpilih hanya  210 orang, sehingga saya yakin bahwa saudara-saudara yang terpilih mempunyai kemampuan, kapasitas dan sinergitas yang baik. 

Dalam pemilu tidak sekedar memilih pemimpin dan menyelenggarakan hak kedaulatan rakyat tapi pemilu adalah alat pemersatu bangsa yang pertama kali dilakukan pada tahun 1955 sebagai negara demokrasi yang harus dijaga sampai saat ini. 

Pemilu di tahun 2024 ini, kita ingin memastikan semua tahapan dapat berjalan dengan baik dan benar, kita akan pastikan pemilu tahun 2024 dapat melahirkan pemimpin yang amanah. Saya yakin kita semua dapat melaksanakannya sebagai penyelenggara terutama Anggota PPS yang baru dilantik. Kita bukan lagi warga negara biasa, kita adalah penyelenggara pemilu sehingga dibutuhkan integritas sebagai mana dalam sumpah dan janji dalam pelantikan tadi. 

Kami berharap agar Anggota PPS dapat membangun Komunikasi, melakukan koordinasi dan konsultasi kepada para Camat, Kepala Desa/Lurah jika terdapat masalah di lapangan. 

Turut hadir, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Kepala Badan Kesbangpol, Ketua Bawaslu Kab. Soppeng, Para Camat, para Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng, para Kapolsek, Danramil se Kab. Soppeng(Hmk)

0 Komentar