Bupati Soppeng Hadiri Acara Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 dan HUT Dharma Wanita Kab.Soppeng



INFOTERKINI ■  
Acara  Hari Kesatuan Gerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga)  ke-50 tingkat Kab. Soppeng  dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke 23 Kabupaten Soppeng 

Bertempat di Gedung Pertemuan Masyarakat Kab. Soppeng
Waktu : Rabu, 14 Desember 2022

Pelaksana : TP. PKK Kab. Soppeng kerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan Kab. Soppeng


Ketua Panitia Pelaksana, Hermawati Dipa dalam laporannya :
Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, sebagai momentum peringatan Hari Ulang Tahun TP. PKK dan Dharma Wanita sesuai dengan prioritas perda sebagaimana yang ditetapkan berdasarkan permasalahan yang dihadapi dan kompetensi yang dimiliki serta sebagai sarana komunikasi. 

Peringatan HUT TP. PKK dan  Dharma Wanita  yang ini adalah sarana untuk memperkuat rasa kebersamaan terhadap organisasi serta sebagai bentuk dukungan organisasi bermitra dengan  pemerintah. 

Adapun masing-masing tema yang diangkat yaitu :
Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 tingkat Kab. Soppeng "Lima Puluh Tahun Gerakan PKK : Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama" dan untuk HUT Dharma Wanita Persatuan ke 23 Kabupaten Soppeng " Membangun perempuan cerdas untuk memperkuat ketahanan keluarga di Era Digital"

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yang disertai dengan 10 program pokok PKK yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan anggota kader serta menjalin silaturahmi, dimana pelaksanaan kegiatan ini di ikuti oleh semua anggota PKK kecamatan, desa dan kelurahan.

Sambutan seragam Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Tri Tito Karnavian yang dibacakan oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Soppeng, Hj.Nurjannah Kaswadi Razak :
Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 kali ini menjadi sangat istimewa, karena peringatan tahun 2022 merupakan peringatan emas. Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruh-nya yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga. Artinya, keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memperdayakan masyarakat secara keseluruhan.

Sesuai dengan kesepakatan hasil Rakernas, saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan tim penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting karena pada hakikatnya program-program mereka dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran ketika dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang baik

Pada peringatan HUT TP. PKK ini, ada 2 hal pokok yang perlu saya sampaikan yaitu jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar bagi Bakti PKK untuk Bangsa dan berbagi untuk sesama dan saling membantu merupakan inti program gerakan PKK. Oleh karena itu, saya berharap PKK dapat menjadi mitra kerja pemerintah, sehingga program yang akan dilakukan harus mampu menyelaraskan dengan kebijakan pemerintah dan dengan pola pendekatan sosial bisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.


Sambutan seragam Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, Franka Makarim yang dibacakan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Soppeng dr. Hj. A. Nur Abadi Tenri Sessu :
Pada ulang tahun ke-23 Dharma Wanita Persatuan hari ini, saya ingin mengajak kita semua untuk kembali mengingat landasan awal terbentuknya organisasi yang kita cintai ini. Untuk member ruang bagi perempuan untuk berhimpun, saling belajar dan mengembangkan diri, hingga mampu memberikan kontribusi nyata dalam kemajuan keluarga dan masyarakat. Pemahaman akan peran kita sebagai anggota DWP akan menjadi modal dasar untuk melangkah kedepan, untuk mampu menjadi penggerak bagi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat.

Selaku anggota DWP, kita harus terus mengingat bahwa Ibu yang hebat dan perempuan yang cerdas adalah penentu kualitas keluarga dan masyarakat kita. 
Oleh karena itu, peringatan ini mengangkat Tema " Membangun perempuan cerdas untuk memperkuat ketahanan keluarga di Era Digital". Dan juga sekaligus untuk meluncurkan Gerakan Keluarga Cerdas Membaca.

Melalui tema ini dan gerakan tersebut, saya mengajak seluruh anggota DWP untuk belajar satu sama lain, untuk mengasah keahlian di berbagai bidang kehidupan, dan juga tidak lupa mendalami nilai-nilai Pancasila yang menjadi landasan dan pengembangan karakter, sehingga nantinya kita bisa menjadi panutan ditengah keluarga kita.

Bupati Soppeng, H.A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya :
Kegiatan ini merupakan wujud komitmen TP. PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kab. Soppeng untuk senantiasa berkontribusi terjahadap kemajuan bangsa yang kita cintai ini. Apalagi tema yang diangkat pada peringatan Dharma Wanita Persatuan ke 23 ini tentu banyak hal yang perlu kita perhatikan apalagi di era sekarang ini. 

Pemerintah daerah sangat berharap agar kerjasama antar semua organisasi lebih ditingkatkan khususnya organisasi TP. PKK, Dharma Wanita, Bhayangkari, Persit KCK dan organisasi perempuan lainnya. Sehingga kita dapat mewujudkan kolaborasi yang baik dengan membuat program bersama, dengan demikian keberadaan kita di tengah masyarakat dapat terasa. Oleh karena itu, dibutuhkan semua dukungan oleh berbagai pihak. Insya Allah dengan adanya solidaritas antara organisasi wanita yang ada di Soppeng akan lebih eksis dan potensi yang ada bisa dikembangkan. 

Sekedar Informasi kepada semuanya bahwa ada satu program pemerintah daerah yang sekarang kita kembangkan untuk menjadi solusi dalam menekan laju inflasi yaitu program pengembangan sejuta cabe. Sehingga diharapkan pengurus TP PKK agar menggerakkan semua kader yang ada di tingkat Desa untuk menjalankan program ini karena hal ini dapat meningkatkan nilai ekonomi di lingkup rumah tangga apalagi kita menyiapkan fasilitas dan akan terus mendukung jika ada yang serius menjalankan program ini, jadi ini bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Yang tak kalah pentinnya adalah program Presiden terkait masalah stunting yang juga perlu menjadi perhatian kita semua. Hal ini penting untuk kepentingan bangsa kita kedepannya. Oleh karena itu, saya berharap agar lebih meningkatkan fungsi posyandu. 
Saya berharap dengan adanya sinergitas dari berbagai pihak, dapat saling meringangkan beban, jadi perbanyak koordinasi dan komunikasi. Sehingga saya mohon kepada semua SKPD dan OPD jangan tertutup menyampaikan informasi bagi organisasi yang memang layak diajak kerjasama.

Acara dilanjutkan penyerahan Piagam Penghargaan, buket bunga dan cendramata oleh Bupati Soppeng kepada Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, Wakil Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Soppeng, Ketua IKA DPRD, Ketua Bhayangkari dan Ketua Persit KCK Kab. Soppeng atas kiprah nyata dalam pergerakan pemberdayaan perempuan Kab. Soppeng

Dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati Soppeng kemudian diserahkan kepada Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, serta pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Daerah Kab. Soppeng  kemudian diserahkan kepada Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Soppeng.

Turut hadir, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, para staf ahli, para Asisten Setda, para Kepala SKPD, para Kepala Bagian Setda Kab. Soppeng, para Camat, para Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng, para pengurus TP. PKK Kab. Soppeng bersama anggota,  para pengurus Dharma Wanita Persatuan Kab. Soppeng bersama anggota.(Hmk)

0 Komentar