Kapolres Soppeng Ngopi Bareng Dan Jumat Curhat Bersama Awak Media di Warkop Teras Ujung



INFOTERKINI ■ Dalam rangka menyerap Aspirasi masyarakat terkait pelayanan Kamtibmas, Polres Soppeng melaksanakan kegiatan Jum'at Curhat dengan Ngopi bareng bersama Awak Media dan rekan jurnalis yang dilaksanakan diwarkop Ujung Teras jl. Ujung Kel. Lemba Kec. Lalabata Kab. Soppeng, Jumat 04 November 2022.

Kegiatan yang rencananya akan rutin dilaksanakan tersebut dihadiri dan diinisiasi oleh Kapolres Soppeng Akbp Santiaji Kartasasmita S.I.K bersama PJU Polres Soppeng.


Dihadapan para awak media, Kapolres Soppeng Akbp Santiaji Kartasmita S.I.K mengungkapkan bahwa "kegiatan ini merupakan Program baru yang sederhana dan rencananya akan diluncurkan guna menyerap aspirasi masyarakat khususnya di Kabupaten Soppeng melalui rumah pengaduan". Ujarnya.

"Program Jumat Curhat ini merupakan Program sederhana untuk menyerap aspirasi masyarakat yang baru saya coba jalankan di Kabupaten Soppeng melalui rumah pengaduan".Jelasnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa tujuan Program ini guna menciptakan kemudahan bagi masyarakat dalam memberikan pengaduan sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke Polres atau ke Polsek dan cukup dirumah pengaduan".tambahnya

"Program yang terjun langsung dimasyarakat ini merupakan langkah awal dan Program saya selaku Kapolres Soppeng untuk mencoba menjemput bola, mendatangi masyarakat dan mendapatkan aspirasi dan masukan terkait Informasi pengaduan dan permasalahan warga".bebernya

Dirinya juga menjelaskan bahwa itu semua tidak akan terwujud jika tidak didukung oleh seluruh lapisan masyarakat terutama para awak media sebagai garda terdepan dalam menyampaikan Informasi kepada masyarakat". terangnya.

Melalui Program tersebut dirinya berharap masyarakat dapat bantuan akan permasalahan yang dihadapi tanpa menyusahkan masyarakat sehingga dalam pengaduan masyarakat lebih mudah dan cepat tersampaikan".harapnya

"Intinya kami akan terus berupaya dan membuka diri dalam menerima masukan - masukan dan kritikan dari masyarakat".tutupnya 

Sementara itu, Dosen Unipol Soppeng Dr. Nurm Idrus, MN dalam kesempatannya menanggapi Program Jumat Curhat yang diinisiasi Kapolres Soppeng.

Menurutnya terobosan Polres Soppeng dengan menghadirkan program Jumat Curhat adalah perwujudan nyata dari slogan dan visi Polri yang "Presisi". 

Program ini adalah anugrah bagi warga Soppeng di tengah tingkat ketakpercayaan publik terhadap institusi ini. 


Jumat Curhat adalah  implementasi nyata dari semangat Presisi yaitu prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

Dengan Jumat Curhat maka Polres Soppeng bisa lebih dini dan lebih mudah dalam mengetahui serta memprediksi persoalan utama warga Soppeng dalam bidang penegakan hukum. Itu karena jajaran Polres Soppeng lewat program ini langsung bertemu dengan warga dan mendengarkan keluhan utama mereka. 


Jumat Curhat adalah juga perwujudan nyata dari visi kedua Presisi yaitu Responsility. Program ini menggambarkan sikap respon yang lebih maju dari Polres Soppeng dalam menjemput persoalan warga. 

Demikian pula dengan bahwa program ini menjawab langsung terhadap visi transparansi berkeadilan dimana semua maslaah warga di bidang penegakan hukum akan dibeberkan secara transparan dan tak ditutup-tutupi. 

Tantangan terbesar dari Program ini ke depan adalah sustainable alias keberlanjutan program apakah bisa terus konsisten atau tidak, baik saat ini atau nanti ketika Kapolres berganti. Kita berharap, pihak Polres sudah menyiapkan road map program agar terobosan ini tak berhenti hanya beberapa saat. Kedua, program ini hanya akan dianggap berhasil jika kinerja ditransparansikan yaitu berupa sikap terbuka kepada publik pada setiap masalah atau curhat warga yang ditindaklanjuti. Apakah bisa diselesaikan atau hanya akan menjadi catatan-catatan kertas di atas meja".tutupnya.(Hmk)



0 Komentar