Komunitas Pekerja Seni Kreatif Bumi Latemmamala Soppeng Gelar Festival di Lapangan Gasis


INFOTERKINI ■  Pekerja Seni Kreatif (KPSK) Bumi Latemmamala Soppeng mengelar acara festival abbatireng’ na wennang sabbe diLapangan Gasis Kab. Soppeng pada Jumat, 23 September 2022.

Sambutan Ketua panitia pelaksana, Abd. Rahman, S. Pd : Latar belakang terbentuknya acara ini sebagai rasa keprihatinan kami terhadap produk sutera yang lebih di angkat dan terkenal di kabupaten tetangga sedangkan di wilayah atau asal muasal benang sutera itu terlupakan. 

Tujuan kegiatan kami yaitu mengangkat sisi sutera dari sisi budaya agar tidak dapat di tiru dari pihak mana pun. Dan inti kegiatan ini adalah menjadi wadah berkreasi untuk para pelaku seni yang ada di Kabupaten Soppeng. 

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari yaitu hari ini dan besok 24 September 2022, karena ada beberapa item kegiatan yang dilakukan yaitu pementasan sanggar seni yang ada di kabupaten soppeng dan ada beberapa undangan dari luar kabupaten soppeng, pameran lokal produk sutera,  permainan rakyat yang pesertanya adalah siswa siswi dari sekolah dasar, serta tarian massal yang di peragakan oleh siswa siswi tingkat SMP. 

Sambutan wakil bupati soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP sekaligus membuka acara festival abbatireng’ na wennang sabbe : Festival Abbatirenna Wenna Sabbe (dalam Bahasa Indonesia, Asal Mula Benang Sutra) yang dilaksanakan oleh Komunitas Pekerja Seni Kreatif (KPSK) La Temmamala Kabupaten Soppeng ini adalah kreativitas yang luarbiasa dalam bentuk pelestarian budaya sebagai penguat karakter generasi muda, yang juga membawa nuansa hiburan masyarakat. Artinya kegiatan ini merupakan ‘ruang’ atau ‘panggung’ untuk menunjukkan upaya pelestarian budaya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, di mana Soppeng pernah sangat tersohor karena merupakan kabupaten penghasil benang sutera di masa lalu. 

Pemerintah Kabupaten menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi atas bantuannya kepada KPSK La Temmamala melalui Program Fasilitasi Bidang Kebudayaan untuk menyelenggarakan festival ini. 

Pemerintah kabupaten menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Komunitas Pekerja Seni Kreatif (KPSK) La Temmamala Kabupaten Soppeng bersama seluruh Panitia atas penyelenggaraan Festival ini. 

Kami juga mengajak seluruh pecinta seni budaya dan kelompok seni budaya yang turut ambil bagian pada festival ini untuk dapat mempersembahkan penampilan terbaik di hadapan masyarakat kita. 

Turut hadir, Ketua DPRD Soppeng, Para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten soppeng, Kepala dinas pariwisata, Kepemudaan dan olahraga kabupaten soppeng, kepala dinas perdagangan, perindustrian koperasi dan usaha kecil menengah kabupaten soppeng, Para kepala sekolah/ guru , pelaku usaha UMKM soppeng.(Hmk)

0 Komentar