Bupati Hadiri Pembukaan Workshop yang di Laksanakan Dinas Sosial Kab.Soppeng



INFOTERKINI ■ Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak,SE hadiri pembukaan Workshop fasilitasi penginputan pengusulan bantuan sosial masyarakat / lembaga pada sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) bagi pengelolah pusat kesejahteraan sosial pada tingkat desa/kelurahan se kabupaten soppeng yang di laksanakan Dinas sosial kabupaten soppeng  sekaligus pengukuhan Pusat Kesejahteraan Sosial dengan Sistem Layanan Rujukan Terpadu  (PUSKESOS _SLRT) se kabupaten soppeng tahun 2022, di gedung pertemuan masyarakat kabupaten soppeng, Selasa, 27 September 2022.

Ketua panitia pelaksana, Kepala Dinas Sosial Dra. Suriasni, M.Pd dalam laporannya : Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi penginputan pengusulan bantuan sosial masyarakat/lembaga pada SIPD sehingga akan meningkatkan kapasitas pengelolah data. 

Memberikan gambaran dan kejelasan tentang tatacara tahapan perencanaan dan tahapan penginputan data usulan perencanaan pembangunan dalam hal ini bantuan sosial yang dapat di himpun secara reflektif dan terintegrasi dalam sistem informasi pemerintah daerah 

Dan pada kesempatan yang berbahagia ini akan di lakukan pula pengukuhan  kepada petugas/pengurus Puskesos-SLRT  sebagai wadah penanganan permasalah kesejahteraan sosial di kabupaten, desa, dan kelurahan sehingga permasalahan dan penanganan permasalahan sosial akan lebih terarah, responsif dan akuntabel dalam pelaksanaannya.

Pengurus Puskesos-SLRT secara resmi dikukuhkan oleh Bupati Soppeng H. A. kaswadi Razak, SE kemudian dilanjutkan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Akses Aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation) Online User Desa/Kelurahan berupa Username dan Password oleh Bupati Soppeng dan Kepala Dinas Sosial Kab. Soppeng. 

Bupati Soppeng H. A.Kaswadi Razak, SE, dalam sambutannya: Kegiatan workshop fasilitasi penginputan pengusulan bantuan sosial masyarakat/lembaga pada SIPD yang di rangkaikan dengan pengukuhan pengurus Puskesos  SLRT se- kabupaten soppeng ini merupakan langkah strategis dinas sosial kabupaten soppeng dalam menghadapi tantangan isi permasalahan sosial di era new normal. 

Workshop fasilitasi penginputan pengusulan bantuan sosial masyarakat/lembaga pada SIPD ini di maksudkan untuk memberikan pemahaman dan kesiapan daerah dalam konteks mengimplementasikan perencanaan dan penganggaran dalam aplikasi SIPD sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri No. 70 tahun 2019 tentang SIPD. 

Dan dalam workshop ini akan di jelaskan bagaimana tatacara tahapan perencanaan dan tahapan penginputan usulan perencanaan pembangunan. Melalui pelaksanaan kegiatan ini, saya pribadi sebagai kepala daerah berharap agar tercipta proses percepatan atau akselerasi implementasi SIPD sehingga dapat berjalan sesuai target kinerja. 

Dalam kegiatan ini juga di rangkaikan dengan pengukuhan pengurus Puskesos-SLRT sekabupaten soppeng, oleh karenanya besar harapan kami  agar kegiatan ini benar-benar memberikan pemahaman kepada seluruh peserta bahwa Puskesos –SLRT ini merupakan salah satu kunci pemecah masalah sosial dengan konsep layanan sosial yang terpadu dan terintegrasi di kabupaten soppeng 

Turut hadir Wakil bupati soppeng, Ketua DPRD kabupaten soppeng, para Anggota Forkopimda, Sekertaris daerah, Para kepala SKPD, Para camat, kepala desa/lurah se Kab. Soppeng. (Hmk)



0 Komentar