Bupati Soppeng Kukuhkan KKS Kab. Mimika


INFOTERKINI ■  MIMIKA- Pelantikan dan Pengukuhan DPD Kerukunan Keluarga Soppeng (KKS) Kabupaten Mimika periode 2022 s/d 2027 berlangsung dengan penuh suka cita, dan mungkin dari sekian pengkuhan KKS selama ini, inilah pengukuhan yang paling dinantikan oleh masyarakat Soppeng yang berada diperantauan, Minggu (28/08/2022).

Pelantikan dan pengukuhan tersebut dibanjiri ratusan warga Soppeng yang ada di Timika dengan penuh antusias dalam jalinan persatuan dan kebersamaan yang luar biasa mereka hadir dalam kegiatan ini.

Tema dari pelantikan dan pengukuhan periode ini, bertemakan, Mewujudkan tekad Tassisoppengi Mendukung Program Pemerintah Daerah kab. Mimika dengan prinsip "Eme Neme Yauware".

"Yang membetot perhatian, tumpah ruah masyarakat soppeng yang merantau di Mimika saat menyambut kedatangan Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE yang didampingi Ketua DPP KKS  Prof. Syarifuddin Wahid, Ketua DPRD Kab. Soppeng H. Syahruddin Adam serta para pimpinan OPD Soppeng".


Tampak kegiatan pengukuhan turut dihadiri, Wakil Bupati Timika Johannes rettob, S.Sos, M.Si dan Ketua KKSS Syamsuddin Baena dan perwakilan beberapa pilar kerukunan. 

Baharu Tahir selaku Panitia Pelaksana  memaparkan secara singkat Masyarakat Kab. Soppeng yang berada di Timika sebanyak kurang lebih 500 KK sehingga dipandang perlu dibuatkan sebuah wadah kerukunan untuk mempersatukan dan melindungi komunitas warga soppeng dg tekad filosifi  yassisompengi sipakalebbi, sipakatau sipakainge, ungkapnya.

Dilanjutkan. Pelantikan dilakukan oleh Ketua DPP KKS Prof. Syarifuddin Wahid, Phd  Sp. PA, sesuai kepututusan DPP KKS nomor 32 Tahun 2022 tentang struktur dan pengurus DPD KKS Kab. Mimika  Pengurus DPD KKS yang dilantik selaku Ketua Firman Amali dan Sekretaris Dirham. Sekaligus dilaksanakan Pengukuhan dillakukan oleh  Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE.

Usai pelantikan, Ketua DPD KKS Kab. Mimika Firman Amali menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat warga soppeng di Mimika yang telah mendukung terlaksanannya acara ini, serta memberikan apresiasi kepada Pemkab. Soppeng atas kunjungan silaturahmi ini, terkhusus kepada bapak Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak.

lanjut Firman Amali, wadah ini merupakan sebuah rumah untuk kita semua dalam bergandengan tangan bersatu padu mendukung program Kab. Mimika dengan prinsip Eme Neme Yauware dengan semangat yassisoppemgi sehingga membawa dan menganngkat nama baik Kab. Soppeng, terangnya.

Adapun, Ketua DPP KKS Prof. Syarifuddin Wahid, PhD menyampaiakan sejarah terbentuknya KKS oleh beberapa perkumpulan mahasiswa yang dimulai di Makassar. Dengan terbukanya akses komunikasi dan dukungan Pemda maka beberapa daerah di wilayah Provinsi Sul-Sel membentuk KKS.Ia mengharapkan KKS seperti air conditioner alami yang mampu menjadi penyejuk dan peredam panas di seluruh wilayah indonesia yang sebagai mana terbentuk KKS adalah mengakar melalui ikatan budaya dengan  mengedepankan prinsip kerukunan yang solid penuh kekeluargaan, jelasnya

Dilanjut, Ketua KKSS Kab. Mimika Syamsuddin Baenamenyampaikan bahwa pengurus DPD KKS harus menjadi panutan bagi seluruh masyarakat soppeng yang ada ditimika yang mengimplementasikan  prinsip sipakainge, sipakalebbi dan sipakatau serta menyatu dengan masyarakat pribumi, tukasnya


Sambutan Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, menjelaskan, semangat sipakainge saling mengingatkan jangan hanya simbol serta para pengurus harus menjunjung semangat kebersamaan dengan pemerintah kab. Mimika jangan menjadi pemicu atau propokator. 

Bupati Soppeng menuturkan, walaupun Soppeng kota kecil tapi biasax menjadi penentu di pusat, contohnya komoditi beras meskipun luasan areal tidak begitu luas akan tetapi beras soppeng dicari di seluruh pelosok indonesia karena kualitas dan cita rasa ada di soppeng. 

H. Andi Kaswadi Razak dalam sambutannya juga mengupas akan sejarah dan potensi Kab. Soppeng yang mana merupakan sebuah kota sejarah tertua di dunia serta sektor pariwisata yang tidak ditemui di daerah lain seperti kalong/kelelawar di tengah soppeng begitupun juga dengan kelebihan lain. 

Bupati Soppeng menekankan, semangat yassisoppengi sudah teruji dimana sekali genderang semangat tersebut sudah dikumandangkan maka seluruh elemen masyarakat bergerak menyatu pantang menyerah menghadapi semua tantangan dan memanfaatkan segala peluang dengan prinsip " Sirui menre tessirui no, sitiruang deceng tessitiroang ja", imbuh H. Andi Kaswadi Razak.

Wakil Bupati Timika Johannes Rettob, S.Sos, M.Si mengatakan, kunjungan balasan akan kami lakukan untuk memenuhi permintaan bupati soppeng. dia juga tak menampik peran dan kontribusi masyarakat Soppeng yang berada di Mimika sangat besar dalam menurunkan angka inflasi pasca covid 19 di kab. Timika, ungkapnya

Menurut Wakil Bupati Timika, masyarakat soppeng sangat ramah dan  penuh kebersamaan (eme neme yauware). KKS yang dibentuk harus tetap solid dan jangan terpengaruh oleh kepentingan orang- orang yang ingin memecah kerukunan kita, tunjukkan motipasi dan integritas bagi pengurus KKS ini, jangan ada pengurus atau masyarakat kab. Soppeng yang berbuat onar dan ricuh, buktikan semangat kalian yang di kenal dengan semangat yassisoppengi, KKS ini harus bekerja secara bersama jangan hanya pengurus inti  bekerja.sinergikan dan kolaborasi dengan program Pemkab Timika serta berbaur bersama dan jaga toleransi, tandasnya. (Hmk)

0 Komentar