Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak Melepas Peserta Jambore Nasional,Ini Harapannya



INFOTERKINI ■  Pelepasan Peserta Jambore Nasional XI 2022, Kwartir Cabang Soppeng Bertempat  Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng, Jumat, 05/8/2022

Laporan pimpinan kontingen, Dr. Sulo, M. Si : Jambore nasional ini dimaksudkan agar menjadi sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi  pramuka penggalan yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, meningkatkan rasa kebangsaan, berpendidikan sebagai manusia yang  ber-IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi dan IMTAQ(Iman dan Taqwa). 

Perkemahan jambore nasional ini akan berlangsung mulai tanggal 14 Agustus s/d 21 Agustus 2022 di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. 

Adapun peserta yang akan ikut terdiri dari 2 regu sebanyak 16 orang yang terdiri dati regu putra (8 orang) dan regu putri (8 orang) dan peninjau sebanyak 49 orang. 

Hasil yang akan dicapai dari kegiatan ini yaitu meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,  terjalinnya tali persaudaraan, adanya upaya membangun jati diri bansga, meningkatkan kekuatan fisik, jiwa kepemimpinan, rasa percaya diri, rasa tanggung jawab serta bertambahnya pengalaman bagi para peserta. 

Para peserta Jambore Nasional XI 2022 ini secara resmi dilepas oleh Bupati Soppeng, H.A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya :

Atas nama pemerintah daerah dan pribadi mengucapkan selamat kepada anak-anakku sekalian yang terpilih untuk mewakili Kab. Soppeng dalam rangka pelaksanaan Jambore Nasional yang akan dilaksanakan di Cibubur. Kalian merupakan duta Kab. Soppeng yang akan membawah nama baik, citra dan wajah Kab. Soppeng dalam Jambore Nasional ini, dan ini merupakan proses pembelajaran bagi anak-anakku sekalian untuk menjadi orang hebat sebagai generasi pelanjut kita semua.

Tentu semua peserta yang terpilih mengikuti kegiatan ini telah melewati beberapa seleksi dengan proses dan ketentuan yang berlaku dan melibatkan semua sekolah untuk terlibat dalam seleksi ini. Sehingga diharapkan kepada para peserta agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita sesama peserta karena nanti kita akan diperhadapkan dengan situasi yang luar biasa, yang sebelumnya belum pernah kita alami dan saksikan sehingga ini akan menjadi kenangan yang baik untuk dapat tampil diantara ribuan peserta lainnya. Walaupun kota kita kecil, tapi bukan berarti  bahwa daerah kita tidak bisa memperlihatkan sesuatu yang luar biasa, kita harus tampil di setiap event yang dibuat oleh penyelenggara di jambore nantinya. 

Dengan demikian, tentu kita harus menguasai dan memahami karakter, kebudayaan  dan semua potensi yang ada di Kab. Soppeng minimal gambaran singkatnya. Karena kalian adalah kader, generasi pelanjut dan saya yakin anak-anakku sekalian mempunyai banyak potensi. 

Jadikan momentum Jambore ini sebagai bekal, baik secara pribadi maupun kelompok. Sehingga saya berharap kepada para peserta untuk mengikuti Jambore ini dengan kesan dan pengalaman yang luar biasa dan percaya bahwa ini akan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi diri kita. Jadi ikuti semua rangkaian acara, jangan sia-siakan karena ini adalah pengalaman hidup yang tidak akan terulang lagi.  Mari berkarya dengan membangun semangat dan kebersamaan, karena ini sangat penting dalam kegiatan Jambore ini. 

Acara dilanjutkan, penyerahan bendera kontingen dari Ketua Mabicab (Majelis Bimbingan Cabang) dalam hal ini Bupati Soppeng kepada ketua Kwarcab (kwartir cabang) Soppeng  Drs. A. Aswan Said kemudian diteruskan ke pimpinan kontingen Drs. Sulo, M.Si.

Turut hadir, Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Cabang Soppeng, Kepala Dinas Pariwisata pemuda dan olahraga, perwakilan Dinas pendidikan dan kebudayaan Kab. Soppeng, para ketua Kwartir  Ranting, mabigus, pembina gudep sekwarca Soppeng, para orang tua peserta jambore.(Hmk)

0 Komentar