Bupati, H.A.Kaswadi Razak, Buka Acara MTQ Tingkat Kabupaten Soppeng di Kecamatan Ganra



INFO TERKINI ■  
Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Soppeng di halaman Kantor Camat Ganra di desa Ganra.
hari Jumat, 25 Maret 2022
jam 20.00 wita. 

Mengawali acara menyanyikan lagu indonesia raya dilanjutkan Pengibaran Bendera MTQ diiringi lagu mars MTQ, selanjutnya Pembacaan Doa oleh
H. Alimudddin S.Ag M. H. I

Laporan Ketua  Panitia Pelaksana Andi
Muhammad Rasyd S. Sos Msi :

Dasar pelaksanaan MTQ :

Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama no. 128 Tahun 1982 dan no. 44a Tahun 1982 tentang usaha penghayatan amalan Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Keputusan Bupati Soppeng no. 65/1/2022 tentang fasilitasi Musabaqah Tilwatul Qur'an Tahun 2022.

Maksud  Tujuan Pelaksanaan ,
Pelaksanaan MTQ ini dimaksudkan sebagai momen syiar Islam serta untuk mendorong rasa kecintaan kita terhadap Al Qur'an untuk dapat memahami sebagai pedoman hidup dan penghayatan dilingkungan keluarga dan bangsa kita pada umumnya. pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk mencari Qori Dan qoriah hafiz-hafizah, kafilah-kafilah yang berkualitas yang nantinya akan mewakili kabupaten Soppeng pada MTQ tingkat provinsi yang insya Allah akan dilaksanakan di Kabupaten Bone pada tanggal 24-05-2022 mudah-mudahan juga dapat mewakili ketingkat nasional.
tema pelaksanaan MTQ ini yaitu bersinergi membangun generasi Qurani mencipta Harmoni dan prestasi menuju Soppeng yang lebih baik

tema pelaksanaan MTQ  yaitu:
Bersinergi membangun generasi Qur'ani mencipta Harmoni dan prestasi menuju Soppeng yang lebih baik

waktu dan tempat : pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 27 Maret Tahun 2022 dipusatkan di halaman Kantor Camat Ganra.  

peserta yang mengikuti MTQ tingkat kabupaten Soppeng Tahun 2022 terdiri dari seluruh perwakilan Kecamatan se kabupaten Soppeng sebanyak 233 orang yang terdiri dari : 
1. Kecamatan lalabata 36  peserta 
2. Kecamatan marioriwawo 33 peserta 
3. Kecamatan liliriaja 32 peserta 
4. Kecamatan lilirilau 28 peserta 
5. Kecamatan marioriawa 28 peserta 
6. Kecamatan donri-donri 22 peserta 
7. Kecamatan Ganra kab 27 peserta 
8. Kecamatan Citta 17 peserta 
dengan total peserta 125 orang Putra dan 108 orang putri 

Cabang Perlombaan,
cabang-cabang yang akan 
diperlombakan sebanyak enam cabang terdiri dari 32 jenis perlombaan yaitu  :   1. Cabang tilawah tartil Alquran putra dan putri : 
- Tilawah Alquran golongan anak-anak putra dan putri 
-Tilawah Alquran golongan remaja putra dan putri 
-Tilawah Alquran golongan dewasa putra dan putri
 2. Cabang Hafiz :
- hifdzil Alquran Golongan 1 juz dan Tilawah putra dan putri 
- hifdzil Alquran golongan 5 juz dan Tilawah putra dan putri
- hifdzil Alquran golongan 10 juz putra dan putri 
-hifdzil Alquran golongan 20 juz putra dan putri 
-hifdzil Alquran golongan 30 juz putra dan putri 
3. cabang musabaqah Fahmil Qur'an putra dan putri 
4. cabang musabaqah Syarhil Quran putra dan putri 
5. cabang kaligrafi 
- golongan naskah putra dan putri -golongan dekorasi putra dan putri 
-golongan hiasan putra dan putri 
-golongan kontemporer putra dan putri 
6. Cabang karya tulis ilmiah Alquran putra dan putri.

Sambutan Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak SE :

Penyelenggaraan MTQ yang kita laksanakan pada malam hari ini adalah merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran al-quran serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat bagi kaum muslimin al-quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa berisi nilai-nilai Luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia dalam MTQ ini akan tampil qori-qoriah, hafiz-hafizah, khalifah - khalifah terbaik perwakilan dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng ini tentunya kehadiran para kafilah ini adalah merupakan suatu hal yang mutlak untuk melaksanakan lomba ini dengan persiapan-persiapan yang tentu melalui suatu proses yang panjang.
 
Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Camat se Kabupaten Soppeng yang senantiasa Memberikan motivasi kepada anak kita yang akan melaksanakan lomba dan sekaligus memfasilitasi kegiatan ini sehingga terlaksana pada malam yang berbahagia ini Insyaallah siapapun yang juara nanti akan mewakili daerah kita di tingkat provinsi,yang akan dilaksanakan
di Kabupaten Bone. Tentunya juga kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas semua elemen masyarakat 
dalam ikut turut serta memberikan 
kontribusi terhadap kelancaran kegiatan yang kita laksanakan dan tentu juga kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama, panitia dan tentunya terkhusus kepada tuang rumah kacamatan ganra yang luar biasa telah mempersiapkan juga acara MTQ ini sehingga bisa kita laksanakan pada malam yang berbahagia ini.

Demikian beberapa hal yang sempat saya sampaikan dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kabupaten Soppeng saya nyatakan dibuka secara resmi Sekian dan terima kasih.  'Kuru Sumange' Salamaki topada salama.

Dilanjutkan pemukulan beduk oleh Bupati Soppeng bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng selaku ketua LPTQ kabupaten Soppeng.

Hadir di acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Para Anggota Forum  Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Pengadilan Negeri, Para Kepala SKPD Kabupaten Soppeng,  Para Kepala Bagian Pemerintah Kabupaten Soppeng, Kepala Kantor Kementrian Agama kabupaten Soppeng, Para Camat se Kab.  Soppeng , Kepala Desa se Kab.  Soppeng, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat.(Hmk)

0 Komentar