Drs.H.Andi Tenri Sessu Bersama Ketua TP.PKK Kabupaten Soppeng Terima Kunjungan Bupati Buton



INFO TERKINI ■ Sekretaris Daerah Kab. Soppeng, Drs. H.Andi Tenri Sessu, M.Si bersama Ketua TP. PKK Kab. Soppeng Hj. Nurjannah Andi Kaswadi Razak  menerima kunjungan Bupati Buton Utara Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. bertempat di Villa Yuliana, Selasa malam (01/02/2022)

Kedatangan Bupati Buton Utara bersama rombongan disambut dengan tari padduppa.


Sekretaris Daerah Kab. Soppeng dalam sambutannya :
Semoga kehadiran bapak Bupati Buton  Utara bersama rombongan akan menjadi berkah di Kab. Soppeng serta akan memberikan kita pengalaman, berbagi pengetahuan dan cerita terutama bagaimana kita bersama-sama berjuang mengendalikan Virus Covid-19. 

Bapak tidak perlu khawatir, Alhamdulillah dalam waktu 3 bulan terakhir, kasus yang terkonfirmasi di Kab. Soppeng hanya 1 orang, kami juga sudah menyiapkan ruang isolasi yang dilengkapi laboratorium yang sudah bersertifikat. 

Tak lupa sya sampaikan bahwa Kab. Soppeng merupakan salah satu kabupaten yang kecil bahkan mungkin terkecil di Sulawesi Selatan. Namun Kab. Soppeng selalu menjadi bagian penentu dalam setiap program pembangunan yang bersifat lokal maupun nasional. 

Alhamdulillah, dengan dukungan seluruh masyarakat dan dibawah komando Bupati Soppeng, tahun kemarin perekonomian Kab. Soppeng bisa bertumbuh 2,9 %. Semua ini bisa terjadi karena ada bahasa yang menjadi motto bagi kami yaitu Yassisoppengi, yang memiliki arti bahwa didalam melaksanakan satu kegiatan, apapun bentuknya jika sudah muncul Yassisoppengi, maka tidak ada lagi yang tidak terlibat dalam program itu.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Buton Utara menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya di Kab. Soppeng  untuk melihat perkembangan yang ada di Kab. Soppeng, karena banyak hal yang perlu kami dapatkan dan lihat disini. Dimana Kab. Soppeng sebagai Kabupaten yang sudah cukup lama berkembang, jadi banyak hal yang dapat kami pelajari, mengambil pengalaman dan melihat kemajuan-kemajuannya baik di sektor ekonomi, sosial maupun politik.

- kami juga ingin Kabupaten Buton Utara bisa berkembang seperti Kab. Soppeng dan itu memulai dari mana. Karena kami juga memiliki potensi seperti Kab. Soppeng dengan lahan yang cukup untuk persawahan, tetapi Soppeng jauh lebih maju. Sehingga kiat-kiat seperti ini yang ingin kami galih dan ketahui seperti apa yang harus kita bangun di sektor pertanian. Karena berkembang persawahan di Kab. Buton Utara itu karena adanya faktor transmigrasi, tapi Alhamdulillah sekarang kita sudah menggarap persawahan yang beririgasi walaupun tidak semaju di kabupaten Soppeng. 

Di samping bidang pertanian kami juga mengenal Kab. Soppeng sebagai Kota Wisata. saya mengenal Soppeng sejak tahun 1975 dan terakhir ini luar biasa perkembangannya baik di sektor pariwisata maupun sektor lainnya seperti infrastruktur. Kita tidak bisa menyangkal kalau kabupaten Soppeng jika dibandingkan Kabupaten Buton Utara jauh lebih maju Kab. Soppeng, karena itu dari segi perkembangannya. Karena Buton Utara sendiri baru 14 tahun lalu berkembang jika dibandingkan dengan kabupaten Soppeng jadi banyak hal yang bisa kami tiru mulai dari pembangunan pedesaan, pembangunan perkotaan dan kebersihan kotanya. Saya kira ini semua adalah cara yang sangat baik yang dapat kami contoh dan bawa pulang di Buton Utara untuk dapat melakukan hal seperti itu. 

Tak hanya sektor pertanian, pariwisata dan sektor pertumbuhan perekonomiannya yang  sangat bagus, kami juga mengenal Kab. Soppeng dalam 2 tahun terakhir ini sangat siap siaga dalam menangani pandemi Covid-19. Kami ingin mengetahui kiat-kiat apa yang dilakukan oleh Kab. Soppeng sehingga dapat mencapai hasil vaksinasi kurang lebih 86% Kalau tidak salah, ini sangat luar biasa termasuk fasilitas penanganan covid-19.

Selama berada di kabupaten Soppeng banyak hal dan kesan yang tidak bisa saya kalkulatorkan, tapi yang pasti itu semua di luar dugaan. Saya merasa terharu dan bangga karena kami disambut secara meriah, secara adat dan ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua karena ini termasuk akar budaya yang berkembang di kabupaten Soppeng. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami datang di Kab. Soppeng dengan dilayani sangat baik dan menyenangkan walaupun kami baru semalam disini, tapi rasanya seminggu pun belum selesai dengan yang kami butuhkan. Kesan ini akan bawa pulang sebagai pengalaman yang sangat berharga bagi kami.

Turut dalam rombongan Bupati Buton Utara : 
- Ketua TP. PKK Kab. Buton Utara
- Sekretaris Daerah Kab. Buton Utara bersama Ibu
- para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Buton Utara

Turut hadir pada acara tersebut, para Kepala SKPD lingkup Pemkab Soppeng, para pengurus dan anggota Tp. PKK Kab. Soppeng

0 Komentar