Pelepasan TIM Pra-Porprov Cabang Olahraga Karate dan Bulutangkis dihadiri Bupati Soppeng


INFO TERKINI ■ Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE. Menghadiri Kegiatan Pelepasan Tim Pra Pekan Olahraga Provinsi (Pra-Porprov) ke XVII untuk Cabang Olahraga Bulutangkis dan Karate Kabupaten Soppeng bertempat di Ruang Rapat Kantor Gabungan Dinas, Kamis 16/12/2021.

Pelepasan secara langsung dipimpin oleh Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE.
Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan "Kami atas nama Pemerintah Daerah dan pribadi mengucapkan selamat kepada ananda-ananda yang telah mendapatkan kepercayaan untuk ikut berkompetisi pada event Pra-Porprov tahun ini. Ini merupakan kesempatan dan peluang baik bagi para atlet maupun pelatih bahwa tidak semua orang mampu menjadi seperti kita. Sebagai pelatih tentunya telah berhasil memberikan motivasi kepada para atlet kita. Sebaliknya, atlet pun selama ini merasa bangga karena mendapat kepercayaan mewakili Kab. Soppeng menghadapi Pra-Porprov yang akan datang". 

"Tentu rasa bangga tidak hanya sampai di sini, akan lebih bangga lagi jika bisa lolos ke event berikutnya. Namun, bukan berarti jika tidak lolos, maka semua upaya kita telah berakhir. Justru, mungkin inilah awal dari perjuangan berat ke depannya, karena minimal kita sudah mendapatkan sebuah pengalaman. Satu pesan saya yaitu raihlah prestasi dengan rasa terhormat. Mental seorang atlet harus selalu merasa bahwa kita ini berjuang dengan hal yg benar. Apa arti juara tapi hati kecil kita mengatakan bahwa ini adalah hak org lain. Saya yakin Insya Allah tidak akan mengecewakan. Jika hal terburuk pun terjadi, jangan dibawa beban apalagi merasa tidak berhasil. Tapi ketahuilah bahwa sesuatu tanpa proses, hambatan, dan rintangan tidak akan mampu menjadi apa-apa. Jadi berbanggalah mewakili Kab. Soppeng dan selamat bertanding", tutupnya. 

Tim PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) Kab. Soppeng akan mengirim 15 orang atlet, 3 official, dan 2 pelatih untuk berlaga di Pra-Porprov yang akan dilaksanakan di Gor Tamarunang, Kab. Gowa pada tanggal 17-21 Desember 2021. Adapun yang di perlombakan yaitu kategori beregu (1 double, 2 tunggal), dan kategori perorangan (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran).

Sekretaris Umum PBSI, Askar Munir mengatakan "Kami berharap bisa masuk minimal 4 besar mengingat persiapan kami yang sudah maksimal dari 4 bulan yang lalu. Kami juga pernah meraih perunggu pada  periode Porda di Bantaeng untuk kategori ganda putra dan ganda campuran sehingga kami cukup optimis untuk meraih juara lagi" ujarnya.

FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia) Kab. Soppeng akan mengirim kontingen sebanyak 17 orang, diantaranya 11 atlet, 1 manajer tim, 2 delegasi wasit juri, 3 coach dan official. Tim ini nantinya akan mengikuti 2 jenis kategori perlombaan yakni kategori Kata dan Kumite. Kategori Kata sendiri terbagi ke dalam 4 kelas yaitu perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, dan beregu putri. Sedangkan kategori Kumite dibagi berdasarkan berat badan, min 50 kg sampai kelas plus. 

Rangkaian kegiatan Pra-Porprov untuk karate sebenarnya telah dimulai sejak tanggal 6-8 Desember lalu untuk tahapan pertama yakni penataran dan sertifikasi pelatih dan wasit juri. Tahapan ini bertujuan untuk mendapatkan legalisasi dari pengurus FORKI Sulsel agar bisa mendampingi atlet pada saat pertandingan Pra-Porprov nantinya.

Adapun pertandingannya diselenggarakan pada tanggal 22 - 23 Desember di Gor Unhas, Tamalanrea, Makassar. Namun Tim FORKI Kab. Soppeng rencananya akan berangkat di tanggal 20 Desember untuk menghadiri pendaftaran ulang, timbang badan, sekaligus verifikasi berkas.

Pelatih sekaligus selaku manajer tim FORKI Kab. Soppeng, Mukhardiaman M.Si mengatakan "Pemusatan Latihan karate sudah dimulai sejak Februari lalu sebelum jadwal Pra-Porprov dan PorProv dirilis secara resmi. Kami mempersiapkan secara dini dengan harapan mampu mencapai prestasi yang signifikan dan secara maksimal bisa membawa nama baik Kab. Soppeng untuk bisa lolos pada pra kualifikasi ini". 

Aman menambahkan "Tentunya kami sebagai tim berharap bisa kembali menoreh prestasi seperti tradisi yang dipertahankan sebelum-sebelumnya. Terbukti dari
Pra-Porda tahun 2017 lalu di Pinrang, FORKI Kab. Soppeng berhasil mendapatkan medali perak untuk 2 kategori sekaligus yaitu kategori Kata beregu putri dan kategori Kumite perorangan putra. Selain itu, pada PON lalu yang digelar di Papua, salah satu anak Binaan kami menyabet medali emas untuk kategori Kata beregu putra. Sehingga besar harapan kami agar para atlet bisa bertanding secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Urusan kalah dan menang, tidak kami bebankan kepada anak-anak, yang terpenting mereka bisa bermain secara lepas dan memberikan hasil yg terbaik untuk Kab. Soppeng", ujarnya. 

Acara turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kab. Soppeng, Kepala Bidang Keolahragaan Disparpora Kab. Soppeng, para pengurus PBSI Kab. Soppeng, serta para pengurus FORKI Kab.Soppeng.

(Hmk)

0 Komentar