Ketua TP.PKK Kabupaten Soppeng Ikuti Acara Pencanangan Vaksinasi Dalam Rangka Peringati Hari Ibu ke 93



INFO TERKINI ■ Acara Pencanangan Vaksinasi Covid-19 dalam rangkaian peringatan Hari Ibu yang ke 93 Tahun 2021  tingkat Kabupaten Soppeng  bertempat di Taman Kalong Kabupaten Soppeng, Kamis (16/12/2021)

Kegiatan ini juga berlangsung secara virtual yang diikuti oleh 8 Kecamatan Se Kab. Soppeng
Penyelenggara kegiatan : para Organisasi Wanita se Kab. Soppeng.

Ketua Bhayangkari Soppeng, Imelda Roni Mustafa yang juga selaku Ketua Panitia pelaksana dalam laporannya :

Pelaksanaan percepatan vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan pada peringatan Hari Ibu ke 93 tahun 2021 dimaksudkan untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang berlandaskan semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan Pancasila khususnya dalam memerangi covid 19.

Tujuan utama kegiatan ini untuk meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan ikut serta memerangi pandemi covid 19. Untuk tujuan umumnya yaitu mencapai kekebalan kelompok di masyarakat  khususnya pada kaum Ibu, meningkatkan cakupan vaksinasi covid-19 di kabupaten Soppeng, meningkatkan peran serta ibu dan menempatkan perempuan pada posisi mengambil kebijakan yang responsif gender.

Tema utama yaitu peningkatan kesehatan ibu dengan mewaspadai penularan virus covid 19 dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan mendapatkan vaksin covid 19, sedangkan untuk sub tema yaitu "Matike' ki mewai covid-19" mari tingkatkan kesehatan ibu  melalui vaksin covid-19 “Perempuan berdaya Indonesia maju”

Pelaksanaan gerakan vaksinasi serentak oleh organisasi wanita sebagai penggerak dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Desember 2021 di seluruh Kecamatan se Kabupaten Soppeng dengan kegiatan pencanangan di Media Center covid-19.

Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, Hj.Nurjannah A.Kaswadi dalam sambutannya :

Sebagaimana kita ketahui bahwa virus covid 19 sampai saat ini masih belum berakhir, namun kunci terwujudnya keberhasilan penanganan covid 19 adalah salah satunya dengan melakukan vaksinasi walaupun vaksinasi tidak berarti kita kebal dari virus covid-19 dan tidak serta merta menggantikan protokol Kesehatan 5 M namun ini adalah salah satu bentuk ikhtiar yang dapat kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19

Kegiatan ini merupakan kerjasama organisasi-organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Soppeng untuk mendukung program pemerintah khususnya pemerintah daerah Kab. Soppeng untuk mencapai target vaksinasi 70%. Oleh karena itu kami berterima kasih kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini dan juga atas peran dan kontribusi nyata dari organisasi perempuan untuk sama-sama turut mengambil bagian dalam kegiatan ini. Serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat  untuk sama-sama mensukseskan kegiatan ini.

Semoga momentum ini akan mampu meningkatkan peran nyata organisasi perempuan dalam pembangunan dan semoga kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Kegiatan ini secara Resmi dibuka oleh Bupati Soppeng, H.Andi Kaswadi Razak, SE  dalam sambutannya :


Alhamdulillah di hari ibu yang ke-93 ini, para organisasi wanita yang ada di Kab. Soppeng bergerak dan itulah yang juga memberi motivasi kepada kami yang sudah beberapa lama ini untuk terus bekerja keras bagaimana menuntaskan program vaksin dengan target 70% yang diberikan oleh  Presiden.  


Kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, saya ingatkan bahwa target vaksinasi 70%   sekarang bukan lagi bulan ini, tapi minggu ini. Olehnya itu diharapkan kepada para Camat, kepala desa/lurah untuk terus melakukan koordinasi, karena ada konsekuensi yang harus kita lakukan demi melindungi masyarakat, dimana kita melakukan pendekatan kepada masyarakat dan kepada para provokator yang menghalangi masyarakat untuk divaksin, jika memang vaksin ini berdampak kepada masyarakat, maka kami tidak mungkin mengorbankan diri kami dan keluarga jika memang memiliki dampak. Jangan membodohi masyarakat untuk tidak divaksin apalagi saat ini ada varian baru, dengan demikian kita terus berusaha bagaimana untuk mengantisipasi hal tersebut apabila terjadi gelombang ke-3.

Atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi kepada ibu-ibu yang telah menjalankan kegiatan ini, yang memang salah satu tema yaitu Perempuan Berdaya Indonesia maju yang artinya Tema Ini mengandung bahwa ketika perempuan bergerak maka akan mempunyai kekuatan besar. Untuk itu sekarang dibutuhkan kerjasama kita semua dan Alhamdulilah dalam waktu 2 minggu ini kita bisa meningkatkan kurang lebih 30% cakupan vaksinasi di Kab. Soppeng. Artinya tidak ada yang tidak mungkin terjadi tanpa ada kerjasama yang baik.

Setiap peserta vaksinasi termasuk yang di kecamatan akan mendapat kupon undian, yang nantinya kupon tersebut diundi pada pukul 24.00 wita. Peserta yang beruntung akan mendapatkan doorprise yang telah disiapkan.

Hadir di Acara ini ,Ketua DPRD Kab. Soppeng, Para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Sekretaris Daerah Kab. Soppeng, Para camat, para Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng, para ketua dan pengurus Organisasi Wanita se Kab. Soppeng,

(Hmk)

0 Komentar