Bupati Soppeng Hadiri Acara Serah Terima Kegiatan Air Minum dan PAMSIMAS III di Desa Tottong



INFO TERKINI ■ Bupati Soppeng HA. Kaswadi Razak,SE menghadiri peresmian program Pamsimas di Turung Lappa'e, Desa Tottong Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng, Rabu (13/10/2021).

Kelompok Keswadayaan Masyarakat Desa Tottong melakukan serah terima kegiatan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat
(PAMSIMAS ) III Tahun Anggaran 2021 Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) yang dihadiri langsung Bupati Soppeng yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Sebelum diresmikan, terlebih dulu di lakukan penyerahan program PAMSIMAS dari Koordinator KKM Tottong Nursyam Syukri kepada Bupati Soppeng, selanjutnya Bupati menyerahkan kepada pengurus kelompok pengelola sarana prasarana air minum sanitasi (KP-SPAMS).

Dikesempatan itu Koordinator KKM Tottong Nursyam Syukri menyampaikan bahwa Dana kegiatan ini bersumber dari Dana BLM APBD, Dana BLM APBD Non Sharing, Dana APBDes, Dana APBDes Non Sharing, Dana Incash Masyarakat, Dana Inkind gotong royong Masyarakat dengan total anggaran RP. 377.051.000, ungkapnya.

Nursyam Syukri menguraikan rincian pada item kegiatan pada program Pamsimas yang dimulai dari pengeboran dengan kedalaman 72 M, Pekerjaan menara air kepasitas 15,63 M3 1 unit, Pekerjaan kram umum 1 unit, Pekerjaan SCT di Kantor Desa 1 unit, Rehab WC SD Lapadumpu 1 unit, pengadaan pompa 1paket, pengadaan pipa dan aksesoris kurang lebih 1.400M, pengadaan geolitrik, Pengadaan alat pertukangan, kegiatan kesehatan di SD dan Masyarakat, Kegiatan pelatihan, Operasional pengurus.

Sementara itu Kades Tottong Muhammad Tahir saat menyampaikan sambutan mengatakan, "Saya menyampaikan selamat datang sekaligus mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Soppeng bersama rombongan atas kesediaannya untuk hadir bersama kita di acara ini, ujarnya.

"Acara ini terlaksana atas dukungan dan bimbingan dari semua pihak termasuk teman-teman pendamping Pamsimas, tutur Kades Tottong.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada warga Desa Tottong yang telah memberikan dukungan dalam pekerjaan Pamsimas ini, sebutnya.

Dikatakannya, "Beberapa bulan kita bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan Pamsimas ini, oleh karena itu suka dan duka bekerja siang malam untuk menyelesaikan program ini, beber Kades Tottong.

Kades Tottong membeberkan bahwa diawal kegiatan dirinya agak kewalahan dengan Pamsimas itu apa ?.

"Tapi Alhamdulillah setelah bekerja keras memberikan pengertian, memberikan edukasi kepada masyarakat dan insya allah tetap kami akan bekerja untuk kemajuan dari pamsimas ini, Janjinya.

Lain halnya, Tenaga Ahli Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (TA- STBM) Pamsimas Propinsi Sulawesi Selatan Sarinah, SKM menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Tottong atas terlaksananya kegiatan ini.

Kata Dia, "Pelaksanaan program pamsimas di Desa Tottong berjalan dengan baik, semua bersinergi dengan baik, ungkapnya.

"Harapan kita kedepan, ini bukan akhir tapi ini adalah awal keberlanjutan dari pamsimas ini, papar Sarina.

Dia menegaskan bahwa sarana harus di jaga dan dipelihara dengan baik supaya air bersih bisa di nikmati masyarakat sampai anak cucu, pungkasnya.

Dikesempatan itu Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE dalam sambutannya mengatakan, "
Pelaksanaan program Pamsimas ini telah selesai, yang mana pada dasarnya bagaimana program ini bisa ada rasa memiliki oleh masyarakat, tentu yang tidak kalah pentingnya adalah ini merupakan aset masyarakat desa dimana ada program ini.

"Program Pamsimas ini intinya mengajarkan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan berbagi masyarakat dimana program itu ada, ujar Andi Kaswadi Razak.

Dia melanjutkan bahwa "Yang tidak kalah pentingnya juga adalah bagaimana memberikan konsumsi air bersih kepada masyarakat yang betul -betul terjaga dan terkontrol, tegasnya.

"Pemerintah lakukan apa yang menjadi kepentingan masyarakat, untuk itu program Pamsimas ini agar di jaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, Pungkasnya menutup sabutan.

Acara turut di hadiri Ketua DPRD Soppeng H.Syahruddin M AdamS.Sos,MM, Hj.Insanah anggota komisi III DPRD Soppeng,
Camat Donri-donri, , Kapolsek, Danramil , Para Kades se Kecamatan Donri-Donri, Distric Cordinatoor program Pamsimas Kabupaten Soppeng, para tokoh masyarakat ,tokoh agama. (Hmk)

0 Komentar