Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Soppeng Membuka Pelatihan Aparatur Desa dan Kecamatan



INFO TERKINI ■ Bupati Soppeng yang di wakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Firman SP,MM membuka pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan pada Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas III) TA. 2021 Kab.Soppeng. Bertempat di Hotel Ada Jl.Kesatria Kabupaten Soppeng, Selasa 14/9/2021.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Firman SP,MM dalam sambutannya mengatakan program Pamsimas adalah salah satu program nasional pemerintah dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat. Khusus di kabupaten Soppeng, program Pamsimas sudah menyentuh 24 desa yang tersebar di 8 kecamatan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pada program pamsimas yang ada di desa, olehnya itu kita patut bersyukur dan berbangga, kepada peserta saya berharap agar mengikuti dengan baik dan seksama pelatihan ini.

Sebelumnya Distric cordinatoor Program pamsimas III kabupaten Soppeng Nur Rahma,ST dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan pelatihan penguatan kapasitas aparatur desa dan kecamatan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 14 sampai 16 September 2021 bertempat di hotel ada. Pelaksana kegiatan ini adalah Manajemen Konsultan ROMS 15 PT .Surya Abadi Konsultan.

Adapun tujuan dari pelatihan ini yakni menyamakan pemahaman peserta terhadap juknis kerja sama Desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi serta membangun komitmen peserta agar bersedia untuk melanjutkan program air minum dan sanitasi di desanya salah satunya melalui kerjasama desa dan Menyusun rencana kera tindak lanjut pemerintah Desa dan kecamatan dalam mewujudkan kerjasama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi.

Sementara peserta dari pelatihan penguatan kapasitas Aparatur Desa dan kecamatan ini adalah kepala desa dan camat atau yang mewakili yang terdiri dari :

– 14 Desa Program Pamsimas pelaksanaan TA 2019.

– 5 Desa program Pamsimas pelaksanaan TA 2020.

– 5 Desa program Pamsimas pelaksanaan TA 2021 serta 8 Kecamatan sebaran desa program Pamsimas masing-masing 1orang jadi total peserta sebanyak 32 orang.

Acara turut di hadiri oleh Ketua Distric project Management Unit (DPMU) Program Pamsimas Kabupaten Soppeng.

– DPMU dari unsur Bappelitbangda

– DPMU dari unsur Dinas PMD

– DPMU dari unsur Dina Kesehatan

– Asosiasi SPAMS Sipakaenge Kabupaten Soppeng. (Hmk/hms)

0 Komentar