Menparekraf Apresiasi Pameran ICAD XI Bangkitkan Gairah Ekonomi Kreatif


INFO TERKINI ■  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi gelaran Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) XI yang berlangsung pada 21 Oktober-28 November 2021 di Grandkemang Jakarta sebagai upaya membangkitkan sektor ekonomi kreatif di tengah pandemi.
 
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Pameran ICAD XI di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (30/10/2021) menjelaskan, ICAD yang telah berlangsung beberapa hari ini adalah salah satu pameran besar yang mengkolaborasikan desain, seni, teknologi, hiburan, serta industri perhotelan yang mengangkat kearifan lokal khas tanah air.
 
“Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada penyelenggara ICAD, khususnya Steering Committee ICAD. Beragamnya desain dan seni Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan guna mendukung kemajuan sektor parekraf, sehingga diharapkan mampu menggerakkan ekonomi, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Menparekraf Sandiaga.
 
Saat mengunjungi Pameran ICAD, Menparekaf didampingi Steering Committee ICAD Diana Nazir dan Harry Purwanto, Festival Director ICAD Edwin Nazir serta Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti.
 
Menparekraf Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf mendukung hadirnya ICAD 2021 sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat dan harapan bagi para seniman desain dan seni untuk terus berkarya di masa pandemi. Ia juga berharap acara ini bisa menjadi media edukasi seni dan desain bagi masyarakat khususnya generasi muda pegiat seni dan desain Indonesia.
 
“Saya berharap dengan diselenggarakannya acara ini akan meningkatkan inovasi dan kolaborasi serta jejaring antara seniman dan stakeholders yang selama ini telah terbangun dengan baik,” katanya.
 
ICAD merupakan pameran pertama dan satu-satunya yang menginisiasi kolaborasi industri desain, seni, teknologi, hiburan, dan perhotelan. Ajang ini melibatkan desainer interior, desainer grafis, fotografer, videografer, scenographers, pelukis, pematung, sutradara film, dan banyak kreator lainnya. Pameran yang dilaksanakan pada 21 Oktober-28 November 2021 di GrandKemang Jakarta, itu juga bisa diakses secara daring melalui website resmi https:// www. arturaicad.com. 
 
Diselenggarakan pertama kali pada 2009, pameran yang kali ini mengusung tema “publik” telah menjadi pameran berskala besar yang mempromosikan desain dan seni kontemporer di Indonesia. 
 
Pagelaran ICAD tidak hanya akan berlangsung di venue utama (grandkemang Hotel Jakarta) tetapi juga berbagai venue dan brand yang dikurasi di #KEMANG12730 untuk merayakan desain dan seni yang unik dan khas Jakarta Selatan. Juga akan menampilkan berbagai kegiatan publik, baik secara fisik maupun virtual sebagai upaya untuk memperkuat pengalaman ini.
 
ICAD XI juga memperluas koneksinya melalui kemitraan dinamis dengan lembaga-lembaga budaya lokal dan internasional, pers, dan berbagai bisnis terkait gaya hidup. Pameran sendiri akan dikonsentrasikan ke dalam beberapa kategori, yaitu In Focus (seniman dan desainer terkemuka dari Indonesia yang diundang), Artis Tamu (seniman dan desainer internasional yang diundang), Next Gen (seniman muda inovatif yang diundang), dan Open Submission.
 
Dalam upaya bersama untuk mencapai hal ini, ICAD telah membangun fondasinya dengan menawarkan pameran dan program yang dikurasi, menyoroti berbagai kreasi dan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. ICAD juga bermitra dengan platform internasional bergengsi, seperti Milan SuperDesign Show, La Biennale di Venezia, dan London Design Biennale, dalam hal kurasi dan menampilkan seni dan desain Indonesia kepada dunia.
 
(Hamka)

0 Komentar